Connect with us

Daerah

Musrenbang RPJMD 2021-2026, Bupati Paparkan 4 Misi Pembangunan

Published

on

acara Musrenbang RPJMD Kabupaten Berau yang digelar secara virtual.
Acara Musrenbang RPJMD Kabupaten Berau yang digelar secara virtual

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Bupati Berau laksanakan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Berau Tahun 2021-2026. Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual pada Senin (26/7/2021). Dengan melibatkan banyak pihak, baik dari pihak Pemkab Berau, Tim Ahli penyelenggara RPJMD, asosiasi profesi, berbagai macam organisasi hingga pakar ekonomi.

Bupati Berau, Sri Juniarsih paparkan 4 misi pembangunan. Ia menegaskan tujuan Pemkab tentunya memajukan Berau secara sejahtera dengan SDM yang handal untuk transformasi ekonomi dalam pengelolaan SDM Berkelanjutan.

“Ada beberapa misi dalam jangka waktu hingga 2026 nanti, kita bagi sesuai dengan jangka waktu mulai dari tahun 2021. Dengan adanya kegiatan ini, kami harap semua bisa bertujuan sama dan selaras. Kita juga meminta masukan dari berbagai pihak untuk perencanaan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2021 Pemkab fokus bertahan dari dampak Pandemi Covid-19. Sebab itu, upaya pemulihannya terhadap kondisi masyarakat yang terdampak langsung secara ekonomi dan sosial.

“Fokus pada pemulihan untuk tahun ini ya, kita usulkan untuk pengadaan alat kesehatan. Tapi juga tidak lupa untuk menjaga daya beli masyarakat dengan percepatan belanja daerah, relaksasi pajak dan mendorong aktivitas produksi ya,” paparnya.

Ia melanjutkan, dalam 4 misi pembangunan Pemkab tersebut tentu tidak terlepas dari 18 program usulan saat pilkada masa kepemimpinan Sri Juniarsih dan Gamalis. Namun, penekanan itu tentu harus melibatkan ekonomi masyarakat dengan pengoptimalisasi dari hilir, SDA dan pertanian dalam arti luas. Serta berbasis kerakyatan dengan perluasan lapangan kerja dan pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal.

“ini kan jangka panjang, tentu tidak mulus begitu saja, kita punya beberapa kendala yang perlu sekali dibenahi. Pada intinya 4 misi itu terbagi pada klaster pembangunan manusianya, klaster ekonomi, klaster infrastruktur dan lingkungan, ada juga bagaimana tata pemerintahannya,” sambungnya.

BACA JUGA :  Percepat Vaksinasi, optimalkan Penurunan Covid-19 Bupati Hadiri Langsung Pengarahan Presiden RI di Kantor Gubernur Kaltim

Menurutnya yang terpenting adalah bagaimana agar ada belanja padat karya untuk kegiatan produktif yang menyerap tenaga kerja serta fokus pada ketersediaan pangan.

Hal itu juga bergulir pada rancangan Pemkab Berau di tahun 2022-2023 yang nantinya masuk dalam pemulihan pembangunan. Sedangkan pada tahap 2024-2026 tentu permasalahan pembangunan juga lebih difokuskan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *