Connect with us

Daerah

Setujui Perda LPJ APBD 2020, DPRD : Mari Kita Semua Saling Bersinergi

Published

on

Setujui Perda LPJ APBD 2020, DPRD : Mari Kita Semua Saling Bersinergi
Persetujuan Perda Pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2020 (Sumber : Humas DPRD Kabupaten Berau)

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau gelar Rapat Paripurna dalam rangka mendengar penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap persetujuan penetapan Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 pada Selasa (27/7/2021).
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Berau, Syarifatul Syadiah selaku pemimpin dalam rapat tersebut menuturkan, dari tujuh fraksi yang ada di DPRD Berau semuanya menyetujui Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) tersebut, tetapi tetap ada beberapa catatan-catatan.
“Dasar kita menyetujui kan yang pertama adalah karena LPJ tersebut telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan kita telah dinyatakan menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), apalagi kami telah mengundang OPD terkait, Inspektorat dan BPKAD bahwa Alhamdulillah Kabupaten Berau berada di urutan kedua di Kaltim setelah Balikpapan yang segera menindaklanjuti rekomendasi dari BPK, artinya semua pihak terkait sudah bekerja dengan baik,” bebernya.

Setujui Perda LPJ APBD 2020, DPRD : Mari Kita Semua Saling Bersinergi
Setujui Perda LPJ APBD 2020, DPRD : Mari Kita Semua Saling Bersinergi


Ia mewakili DPRD Kabupaten Berau mengaku mengapresiasi hal tersebut, tetapi ia juga berpesan untuk jangan lengah. Sehingga ia meminta kepada pemerintah daerah untuk sering melakukan evaluasi, mungkin dilakukan persemester atau bagaimana nantinya akan diatur oleh eksekutif agar tidak menumpuk di akhir.
“Kami sangat menghargai kinerja pemerintah daerah yang sudah transparansi dan akuntabel dengan laporannya sehingga mendapatkan WTP, semoga kedepan peringkat WTP ini dapat dipertahankan,” ucapnya.
Politisi Partai Golkar ini berharap karena saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19, maka ia menekankan kepada pemerintah untuk terus memperhatikan masyarakat. Jika perlu dilakukan refocushing untuk penanganan Covid-19 maka harus dilakukan. Ditambah seperti yang diketahui bahwa Tenaga Kesehatan (Nakes) banyak terpapar sehingga pemerintah daerah memerlukan dana untuk merekrut relawan dan tenaga kesehatan.
“Karena nakes adalah ujung tombak penanganan Covid-19. Mari kita semua saling bersinergi untuk melindungi masyarakat” tutupnya.
Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih menuturkan, segala masukan, saran dan kritikan dari DPRD tentu saja akan menjadi sesuatu yang baik bagi pemerintahan kedepan. Menurutnya itu akan menjadi perbaikan untuk kebaikan bersama.
Saat disinggung terkait perbaikan kinerja Perusahaan Daerah (Perusda), ia mengaku akan meningkatkan kinerja serta memperbaiki dan membenahi apa yang saat ini masih dianggap kurang dari perusda.
“Tentunya kita akan terus berkoordinasi” singkatnya.
Orang nomor satu di Kabupaten Berau ini mengaku akan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah, termasuk memaksimalkan semua potensi yang ada di kabupaten Berau untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menurutnya saat ini yang paling berpotensi dari Bumi Batiwakkal adalah Sumber Daya Alam (SDA) diantaranya adalah pariwisata, pertanian dan perikanan.
“Sumber daya alam tidak akan pernah habis selama kita merawatnya dengan baik” pungkasnya.

BACA JUGA :  Rutan Tanjung Redeb Wacanakan Vaksinasi Bagi Napi dan Petugas

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *