Connect with us

Bisnis & Ekonomi

Tinjau Pembangunan Pelabuhan Mantaritip

Published

on

Tinjau Pembangunan Pelabuhan Mantaritip
Bupati dan Wakil Bupati Berau, melakukan pengecekan pembangunan Pelabuhan Mantaritip, Kecamatan Sambaliung

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Sri Juniarsih dan Wakil Bupati Berau, Gamalis, pada Jumat (30/7/2021) melakukan peninjauan pembangunan Pelabuhan Mantaritip yang berlokasi di Kampung Pilanjau, Kecamatan Sambaliung. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana progress pembangunan telah berjalan.

Dikatakan Sri Juniarsih, pembangunan pelabuhan ini sebenarnya tidak ada kaitannya dengan pelabuhan yang ada di Tanjung Redeb. Karena, pelabuhan di Tanjung Redeb baru berumur lima tahun. Sedangkan rencana pembangunan pelabuhan Mantaritip ini sudah ada sejak 10 tahun lalu.

“Namun pelabuhan di Tanjung Redeb, sudah over kapasitas,” tuturnya.
Ia melanjutkan, meskipun pembangunan pelabuhan ini bukan kewenangan Pemkab Berau, namun karena berada di wilayah Bumi Batiwakkal, menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari tanggung jawabnya, sehingga ia tetap melakukan pengecekan terhadap proses pembangunannya.

“Inikan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBN). Untuk jalannya menggunakan Bantuan Keuangan (Bankeu) dan Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Berau, Gamalis menuturkan, pengecekan ini dilakukan karena ini ada sangkut pautnya dengan pelabuhan yang ada di Tanjung Redeb. Apabila ini masih lama dan pelabuhan tengah kota sudah over, maka harus ada antisipasi, atau ada pelabuhan lain. Siapa tahu ada pihak swasta yang ingin berinvestasi untuk membangun pelabuhan dan lebih cepat.

Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Berau Tinjau Pembangunan Pelabuhan Mantaritip

“Ini masih lama rampungnya. Empat tahunan. Belum jembatannya, itu beda lagi. Jadi tidak mungkin empat tahun kerja. Kalau untuk semua anggaran diperkirakan mencapai Rp 890 miliar. yang sudah terserap Rp 150, itu dana dari APBN dan Bankeu,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini juga telah ada wacana pembangunan pelabuhan di Kampung Gurimbang Kecamatan Sambaliung. Lahan sudah siap dan dikelola oleh swasta, namun kendalanya yakni tidak mungkin menggunakan jalan umum yang standarnya bukan untuk kendaraan besar.

BACA JUGA :  Dinsos Tanggung Hunian Sementara Korban Kebakaran

“Pemindahannya Gurimbang atau disini kan siapa yang duluan. Semakin banyak pelabuhan semakin bagus. Jadi tidak ada yang harus dikalahkan,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *