Connect with us

Daerah

Jumlah Kematian Meningkat, Lahan Pemakaman Covid-19 Diperluas

Published

on

Jumlah Kematian Meningkat, Lahan Pemakaman Covid-19 Diperluas
proses pemakaman pasien meninggal dunia akibat Covid-19 (sumber : Istimewa/Polres Berau)

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Berau terus meningkat, diikuti dengan angka kematian yang terus bertambah. Bahkan pada 28 Juli 2021 menembus rekor 13 kematian dalam sehari. Sehingga Pemkab Berau sedang berusaha memperluas lahan pemakaman Covid-19.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Thamrin menjelaskan, proses pembukaan lahan pemakaman yang berlokasi di Jalan Bukit Ria, Kelurahan Gunung Panjang, Kecamatan Tanjung Redeb tengah dilakukan Pemkab Berau. Saat ini prosesnya memasuki pemerataan tanah.

“Masuk proses pemerataan tanah, kami bergerak cepat untuk antisipasi,” jelasnya Minggu (1/8).

Ia menuturkan, kendati seharusnya permasalahan lahan bukan berada di ranah BPBD. Untuk lahan yang diperluas, lebih besar dibandingkan lahan pertama.

“Ukuran lahan kedua sebesar 1 hektar dengan maksimal dapat menampung kurang lebih 750 hingga 1.000 korban,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, untuk lokasi pemakamannya, sama seperti pemakaman lama. Namun hanya diperluas ukurannya. Sementara itu, ukuran sebelumnya selebar kurang lebih setengah hektar dan menurut Thamrin sudah hampir penuh. Ia mengungkapkan, jika lahan baru masih belum cukup, maka pihaknya akan membuka lagi lahan baru disekitar kawasan tersebut.

“Memang harus diakui kalau di Berau ini kemarian per hari nya semakin meningkat, sebelumnya per hari hanya 1 atau 2 orang. Kini per hari bisa rekor tembus 13 kasus kematian,” ungkapnya.

Seiringan dengan hal tersebut, pihak BPBD juga sedang berproses untuk pengadaan kantong jenazah, yang diakui juga sudah sangat menipis. Thamrin menambahkan, untuk pemakaman pasien terutama yang tidak sempat dibawa ke Tanjung Redeb, dapat dimakamkan di daerah kecamatan masing-masing dengan SOP yang benar.

“Kita buka lahan, bukan berarti mengharapkan banyaknya kematian. Tapi untuk antisipasi karena sudah hampir tidak muat,” tutupnya.

BACA JUGA :  Knalpot Brong dan Balap Liar Masih Banyak Dikeluhkan ke Satlantas Polres Berau

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *