Connect with us

Bisnis & Ekonomi

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Bidang Pariwisata

Published

on

Salah satu objek wisata di Kecamatan Talisayan yang kini digandrungi warga lokal
Salah satu objek wisata di Kecamatan Talisayan yang kini digandrungi warga lokal

MEDIAONLINE.ID, TALISAYAN – Demi meningkatkan ekonomi masyarakat Kampung, beberapa Kampung di Kecamatan Talisayan saat ini tengah mengembangkan pendapatan ekonomi masyarakat di bidang pariwisata yaitu memanfaatkan kondisi alam yang ada di beberapa kampung yang ada.

Camat Talisayan, Mansyur saat dikonfirmasi awak media ini menyebut saat ini ada tiga kampung di Kecamatan Talisayan yang tengah fokus mengembangkan pembangunan ekonomi masyarakatnya di bidang pariwisata yaitu di kampung Tunggal Bumi, Dumaring, dan Kampung Talisayan.

Dijelaskannya, program tersebut menurutnya sudah sejalan dengan visi misi pemerintah daerah dengan mengembangkan potensi wisata yang ada di kampung, yang tentunya bertujuan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

“Kami sangat dukung, karena saat ini kita jangan hanya fokus membangun fisik kampung saja, kita juga perlu mendongkrak ekonomi masyarakat kita dengan berbagai program seperti di bidang pariwisata ini, ungkapnya.

Dirinya berharap agar kedepannya potensi wisata yang saat ini tengah ditingkatkan Kampung, agar dapat komersilkan dan dipromosikan sehingga dapat dikenal khalayak luas dan dikunjungi masyarakat secara luas.

“Tergantung bagaimana kampung mengolahnya, karena semakin dikenal masyarakat luas akan semakin banyak yang berkunjung, sehingga semakin menambah nilai ekonomi masyarakat setempat,” katanya.

Selain itu dengan berkembangnya wisata yang ada di kampung, selain menjaring Pemuda kreativitas Kampung dan masyarakat kampung untuk bekerja di lokasi wisata yang ada, juga hal tersebut tentu akan mempengaruhi ekonomi masyarakat yang ada di sekitaran lokasi tersebut dengan memanfaatkannya untuk berjualan makanan ringan ataupun warung.

“Kalau perlu para pengelola maupun pemerintah Kampung mengadakan studi banding ke daerah lain untuk meningkatkan kepariwisataan miliknya,” ungkapnya.

Selain itu dirinya berharap agar pemerintah daerah terus mendukung upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui di bidang pariwisata baik itu melalui pembangunan infrastruktur maupun lainnya. (*AAK)

BACA JUGA :  7.937 UMKM di Berau Akan Dapat Bantuan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *