Connect with us

Daerah

Tidak Punya NIK, Tidak Dapat Vaksin

Published

on

Kepala Dinas Kesehatan saat melakukan wawancara bersama awak media
Kepala Dinas Kesehatan saat melakukan wawancara bersama awak media

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Iswahyudi menyebut Warga yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak bisa mendapatkanjatah vaksin covid-19.

“Jadi untuk bisa mendapatkan pelayan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang belum memiliki NIK, dapat mengurusnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau,” ungkapnya.

Sehingga menurutnya adanya NIK masyarakat bisa dilayani untuk vaksin covid-19, karena NIK merupakan syarat mutlak terkait pendataan mengenai keluarga yang divaksin

Turut dijelaskannya, selain kepentingan pendataan vaksinisasi, pemberlakuan syarat nikah juga guna dilakukannya pembenahan registrasi kependudukan masyarakat.

” Miasalnya yang tidak mempunyai NIK ini masalahnya apa, Sehingga memiliki kesempatan untuk memperbaiki data dirinya agar bisa memiliki NIK,” Jelasnya.

Sementara warga yang sudah memiliki NIK namun tidak hapal 16 digit NIK lantaran kehilangan KTP dan KK. Maka Dinas Dukcapil akan membantu mencari data kembali menggunakan keyword nama lengkap, tempat, tanggal lahir atau tes sidik jari.

Kemenkes sebelumnya memutuskan untuk memberikan relaksasi kepada mereka yang tidak memiliki NIK. Upaya itu dilakukan dengan harapan mampu menggenjot vaksinasi sesuai target pemerintah.

Keputusan tersebut juga tertuang dalam dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/III/1524/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat Lainnya yang Belum Memiliki NIK. (*AAK)

BACA JUGA :  Jelang PTM Siswa SMP dan SMA akan Dilakukan Vaksinisasi
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *