Connect with us

Daerah

Berau Siapkan Lokasi Isoter Di Tiap Kecamatan

Published

on

Berau Siapkan Lokasi Isoter Di Tiap Kecamatan
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Iswahyudi saat ditemui awak media

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Angka kasus positif Covid-19 terus meningkat, hal ini membuat Kabupaten Berau harus membuat tempat Isolasi Terpusat (Isoter) di tiap kecamatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Bumi Batiwakkal.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengatakan, isolasi terpusat memang harus dilakukan untuk mengurangi transmisi lokal. Sehingga apabila ada warga yang rumahnya tidak mencukupi untuk dijadikan tempat isolasi maka ditempatkan di lokasi isolasi terpusat di masing-masing kecamatan.

“Sehingga lebih bisa diawasi dan lebih bisa disuplai kebutuhannya. Sehingga bisa lebih cepat sembuh dan tidak menularkan ke orang lain,” jelas Iswahyudi Selasa (10/8/2021).

Ia berpesan, apabila masyarakat tidak ingin lingkungannya banyak terdapat penyebaran maka harus disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Dan harus saling jaga, apabila ada anggota masyarakat yang positif harus ditolong bukanya malah diusir.

“Kalau pasien isoman butuh, ya tetangganya yang harus menolong, yang lain tidak perlu takut, tetapi harus waspada,” tutur Iswahyudi.

Ia mengungkapkan, masing-masing kecamatan sudah mencanangkan lokasi isoter, ada yang di gedung serba guna maupun di sekolah. Menurutnya, memang pengadaan lokasi isoter tidak semudah di ibukota provinsi. Kalau di ibukota punya bangunan yang memiliki banyak kamar, apakah itu wisma atlet atau lain sebagainya, sedangkan di kabupaten tidak banyak bangunan seperti itu.

“Kalau misalkan bagunan Gelanggang Olah Raga (GOR) kita fungsikan sebagai tempat isoter, apabila tidak ditangani dengan baik akan banyak timbul masalah.

Ia mencontohkan, masalah pertama apabila orang yang sudah hampir sembuh dan orang yang sedang parah bisa tercampur. Yang kedua masalah Mandi Cuci Kakus (MCK) itu kalau tidak ditangani dengan tepat akan menjadi sumber penyakit.

BACA JUGA :  Upacara Peringatan HUT ke-76 RI

“Makanya agak lama mempersiapkan lokasi isolasi mandiri di kecamatan karena memang dibutuhkan persiapan yang matang. Tapi memang hal ini perlu dilakukan,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *