Connect with us

Daerah

Terkendala Anggaran, PB Porprov Lakukan Audiensi Ke Pemprov

Published

on

Terkendala Anggaran, PB Porprov Lakukan Audiensi Ke Pemprov
Rombongan PB Porprov Kaltim VII, Pemkab Berau, dan KONI Berau kunjungi DPRD Kaltim, untuk melakukan audiensi persiapan Porprov

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Panitia Besar Pekan Olahraga Provinsi (PB Porprov) Kaltim VII, bersama dengan jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau, melakukan audiensi ke Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim pada Senin (9/8/2021).

Wakil Bupati Berau Gamalis, yang juga Ketua Harian PB Porprov Kaltim VII memimpin langsung pertemuan tersebut meminta DPRD Kaltim dapat membantu mendukung pelaksanaan Porprov. Baik itu berupa pembangunan fisik venue, maupun berbagai kebutuhan pelaksanaan lainnya.

“Ketua DPRD Kaltim, siap memberikan dukungan penuh agar kebutuhan anggaran bisa di dukung oleh DPRD Kaltim. Selain diupayakan melalui APBD-P Kaltim 2021, tentu juga bisa masuk di APBD Kaltim 2022,” ungkap Gamalis.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Berau, Agus Wahyudi yang juga turut serta dalam pertemuan tersebut mengatakan, saat ini tuan rumah Kabupaten Berau, sudah membangun stadion mini olympic mini, di Kecamatan Teluk Bayur, yang menjadi salah satu syarat untuk menjadi Tuan Rumah Porprov.

“Itu sudah dipenuhi, dan sudah mencapai 75 persen progresnya,” jelas Agus.

Namun menurutnya, banyak Cabang Olahraga (Cabor) yang masih membutuhkan pembangunan venue baru dalam pelaksanaan Porprov tahun 2022 mendatang. Ia mengungkapkan, angaran yang dibutuhkan sebesar Rp 150,6 miliar. Selain itu, diperlukan juga pembiayaan cukup besar, pada pengadaan peralatan tanding yang sekira Rp 21,4 miliar.

“Serta pembiayaan operasional pelaksanaan Porprov,” tuturnya.

Adapun total kebutuhan anggaran Porprov Kaltim VII Tahun 2022, sebesar Rp. 222.528.000.000 permohonan itu pun disambut hangat oleh Ketua DPRD Kaltim, yang juga merupakan mantan Bupati Berau itu. Untuk itu, diperlukan kordinasi yang lebih intens agar persoalan pembagian pembiayaan bisa segara di selesaikan.

BACA JUGA :  Berau Terima Bantuan Oxygen Consentrator dan Tenaga Dokter dari TNI

“Ini yang kami harapkan dapat direalisasikan oleh Pemprov Kaltim,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Tianur mengatakan, pihaknya siap melakukan pendampingan dan ikut memperjuangkan kekurangan anggaran Porprov yang rencananya digelar pada November 2022 mendatang ke Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Kami akan ikut memperjuangkan Berau, selaku tuan rumah bisa mendapatkan support pembiayaan dari anggaran Provinsi Kaltim. Agar Porprov bisa terlaksana dengan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Terkendala Anggaran, PB Porprov Lakukan Audiensi Ke Pemprov
Terkendala Anggaran, PB Porprov Lakukan Audiensi Ke Pemprov

Usai bertemu Kadispora Provinsi Kaltim, rombongan PB Porprov bergeser menemui Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK. Ditempat yang sama, Ketua Komisi IV DPRD Berau, Rusman Yakub juga menyampaikan, sudah sewajarnya Pemprov Kaltim memberikan support kepada Berau sebagai tuan rumah. Ini juga berlaku sama, dengan tuan rumah-tuan rumah sebelumnya, yang juga mendapatkan support pembiayaan anggaran.

“Harusnya semua daerah mendapatkan perhatian yang sama,” singkatnya.

Rusman menuturkan, dalam waktu dekat Komisi IV DPRD Kaltim, akan menjadwalkan agenda hearing yang nantinya akan mengundang Pemprov Kaltim, Pemkab Berau, Dispora Kaltim, Dispora Berau, KONI Kaltim, KONI Berau serta PB PB Porprov Kaltim VII, untuk membahas persiapan Porprov tahun depan.

“Sekaligus membahas terkait pembiayaan pelaksanaan Porprov Kaltim VII, agar persoalan ini bisa segera tuntas,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *