Connect with us

Politik & Hukum

Rutan Tanjung Redeb Wacanakan Vaksinasi Bagi Napi dan Petugas

Published

on

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Puang Dirham saat ditemui oleh awak media
Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Puang Dirham saat ditemui oleh awak media

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanjung Redeb telah dilakukan secara maksimal, terbukti dengan tidak adanya kasus positif pada seluruh napi di dalam Rutan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Puang Dirham saat dikonfirmasi oleh Koran Kaltim pada Jumat (13/8/2021).

Dikatakan Puang, pihaknya telah melakukan vaksinasi bagi petugas yang melakukan kontak langsung dengan para napi agar tidak terpapar Covid-19, namun diakuinya belum seluruh petugas mendapatkan vaksin sehingga pihaknya berencana akan melakukan vaksinasi kepada seluruh petugas dan napi yang ada di Rutan.

“Kita kan tidak mungkin membawa dari dalam ke luar, tetapi justru mewaspadai penebaran dari luar yang berpotensi masuk kedalam rutan,” bebernya.

Ia mengaku, telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan maupun TNI-Polri agar mendapat jatah vaksin.

“Harapannya adalah dalam waktu dekat dapat dilakukan vaksinasi, seluruh penghuni rutan dan petugas mendapatkan vaksin, tetapi kita juga melihat jumlah yang tidak banyak,” sambungnya.

Ia menuturkan, di Rutan Tanjung Redeb telah dibentuk Satgas yang bertugas untuk memastikan protokol kesehatan telah ditegakkan di dalam lingkungan Rutan. Bahkn ia mengaku bahwa rutan telah memiliki agenda tambahan di pagi hari bagi para napi, yakni berjemur agar menjaga daya tahan tubuh tetap baik dan melakukan kegiatan yang mencegah penyebaran Covid-19.

“pemberian vitamin bagi seluruh napi dan petugas juga telah kita lakukan, alhamdullilah tidak ad yang terpapar dan jangan sampai hal itu terjadi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sementara ini dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, maka pihaknya meniadakan pelayanan bagi keluarga napi yang ingin menjenguk. Namun pihaknya telah mengganti dengan pelayanan video call, sehingga diharapkan tidak ada kontak langsung antara napi dengan orang di luar Rutan.

BACA JUGA :  Sinergitas BNK Berau dan Rutan Tanjung Redeb Cegah Peredaran Narkoba

“Sekarang pelayanan jenguk kita rubah dengan video call, layanan penitipan juga kita perketat dengan menstretilkan barang titipan tersebut kemudian dibawa masuk kedalam. Jadi saat ini tidak ada kunjungan sampai dengan Covid-19 selesai,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *