Connect with us

Daerah

BPBD Akan Verifikasi Penerima Bantuan Covid-19 Asal Perusahaan

Published

on

BPBD Akan Verifikasi Penerima Bantuan Covid-19 Asal Perusahaan
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau, Muhammad Thamrin

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau meminta kepada perusahaan yang ada di Berau untuk turut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 di Bumi Batiwakkal. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Thamrin yang dikonfirmasi pada Minggu (15/8/2021) menuturkan untuk anggaran pengadaan Isolasi Terpusat (Isoter) belum ada.

Dikatakan Thamrin, karena keterbatasan anggaran sehingga Pemkab meminta agar perusahaan-perusahaan dapat bersinergi dengan pemerintah kecamatan dalam lingkar perusahaan terkait bagaimana pengadaan baik lokasi isolasi maupun kebutuhan lain dalam penanganan Covid-19.

“Nanti mereka yang mengaturnya. Ini juga bagian dari kontribusi perusahaan kepada daerah,” jelasnya.

Terkait bantuan kepada masyarakat yang terpapar COVID-19, terutama yang melakukan isolasi di rumah, juga akan diberikan bantuan. Tetapi kata Thamrin, ada kriteria khusus yang mendapatkan bantuan tersebut. Terutama, warga yang tidak memiliki penghasilan saat tidak bekerja. Berbeda halnya jika, pasien yang melakukan isolasi merupakan karyawan perusahaan atau pegawai negeri.

“Yang jelas mereka yang memiliki penghasilan pasti setiap bulan itu tidak dapat. Terkecuali seperti nelayan, tukang ojek, yang seperti itu akan dikasih bantuan. Bantuan berupa paket sembako,” jelas Thamrin.

Ia melanjutkan, untuk data penerima bantuan, nantinya akan diusulkan dari tim satgas di masing-masing kelurahan atau kecamatan. Selanjutnya dilakukan verifikasi BPBD Berau. Untuk memastikan pasien ini memang sesuai kriteria penerima bantuan.

Ia menambahkan, bantuan tersebut dianggarkan melalui APBD Berau dan pemberian perusahaan, yang dikelola BPBD Berau. Namun, bantuan juga diserahkan melalui Dinas Sosial Berau. Untuk menghindari terjadinya tumpang tindih bantuan, pihaknya akan melakukan evaluasi sebelum bantuan diserahkan.

“Bantuannya kita serahkan ke satgas kelurahan. Jika memungkinkan, akan kami antar langsung ke penerima. Bantuan juga diserahkan hingga ke wilayah terjauh,” tandasnya.


Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Berau menggelar rapat sinergitas dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Bumi Batiwakkal pada Kamis (12/8/2021). Rapat tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Berau beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta puluhan perusahaan yang ada di Berau.

BACA JUGA :  Dinsos Tanggung Hunian Sementara Korban Kebakaran

Bupati Berau, Sri Juniarsih yang ditemui usai pertemuan tersebut menuturkan, pihaknya meminta bantuan dari seluruh perusahaan dari berbagai bidang baik itu pertambangan maupun perkebunan yang ada di Berau untuk bersama menekan angka penyebaran dan membantu penanganan pasien di 13 kecamatan yang ada di Bumi Batiwakkal.

“Kesimpulannya kami mengajak semua perusahaan yang ada untuk bersinergi mengatasi Covid-19 dengan menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) walaupun diluar dari lingkar perusahaan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, program bantuan perusahaan juga termasuk pengadaan lokasi Isolasi Terpadu (Isoter) di seluruh kecamatan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *