Connect with us

Politik & Hukum

Tahanan Polres Berau Turut Peringati HUT Ke-76 RI

Published

on

Iptu Suradi bersama tahanan Rutan Polres Berau memperingati HUT ke-76 RI dibalik jeruji besi
Iptu Suradi bersama tahanan Rutan Polres Berau memperingati HUT ke-76 RI dibalik jeruji besi

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda, tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia. Termasuk tahanan yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Berau turut memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia walaupun sedang berada di balik jeruji besi.

Kepala Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Kasat Tahti) Polres Berau, Iptu Suradi memimpin langsung tahanan untuk melakukan upacara bendera di dalam Rutan Polres Berau. Ia menuturkan, para tahanan yang tentunya juga merupakan warga negara Indonesia, juga mengikuti arahan dari Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg) yakni menghentikan aktivitas selama tiga menit untuk memperingati detik-detik proklamasi.

“Untuk tahanan mengikuti upacara bendera dan pemberhentian aktivitas sementara selama tiga menit dan diikuti para tahanan di Polres Berau sebanyak 30 orang,” bebernya pada pada Selasa (17/8/2021).

Perwira dengan dua balok emas di Pundak ini menjelaskan, kegiatan peringatan hari kemerdekaan dilakukan rutin setiap tahunnya. Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta negara, tahanan diajak untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam berjuang untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya bagi para tahanan Polres Berau,” ucap Suradi.

Ia berharap untuk para tahanan Polres mengerti arti dari kemerdekaan yang telah diraih dan menumbuhkan jiwa patriotisme di dalam diri tahanan. Ia menambahkan, pelaksanaan upacara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, mengingat saat ini sedang dalam kondisi pandemi Covid-19. Sehingga ia mengaku harus waspada agar tahanan tidak terpapar Covid-19.

“Peringatan hari kemerdekaan sangat penting dilakukan, dengan harapan para tahanan kedepannya setelah menjalani pidana dapat patuh terhadap hukum dan aturan yang berlaku di masyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Setujui Perda LPJ APBD 2020, DPRD : Mari Kita Semua Saling Bersinergi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *