Connect with us

Daerah

Pemberian Vaksin Booster Bagi Nakes

Published

on

Penyuntikan vaksin booster kepada Nakes yang ada di Kabupaten Berau
Penyuntikan vaksin booster kepada Nakes yang ada di Kabupaten Berau

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Dinas Kesehatan Kabupaten Berau mencatat sebanyak kurang lebih 4000 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Bumi Batiwakkal yang akan menerima vaksin booster. Vaksin booster merupakan vaksin dosis ketiga yang diberikan kepada Nakes yang bertugas di garda terdepan, mengingat banyak Nakes yang tumbang dan terpapar Covid-19. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Iswahyudi yang ditemui saat pemberian vaksin booster bagi nakes pada Kamis (19/8/2021).

Dikatakan Iswahyudi, jenis vaksin yang diberikan kepada Nakes adalah vaksin moderna, kendati ia mengaku mendapat kabar dari beberapa tempat di daerah lain bahwa vaksin moderna memiliki efek pasca imuniasi berupa demam atau sakit kepala, sehingga pihaknya tidak bisa memvaksin seluruh Nakes sekaligus.

“Vaksin booster hanya diberikan untuk Nakes, terutama di tempat yang memeberikan pelayanan kesehatan,” bebernya.

Karena efek lanjutan tersebut, pemberian vaksin booster pada Kamis (19/8/2021) diikuti oleh perwakilan petugas Puskesmas yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb dan petugas dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Rivai yang berjumlah 34 Nakes. Dan selanjutnya akan dilakukan kepada seluruh Nakes di Kabupaten Berau Secara Bertahap.

“Mereka kami minta menyusun jadwal untuk mengikuti vaksin, sehingga operasional pelayanan tetap berlangsung,” sambungnya.

Iswahyudi melanjutkan, setelah vaksin booster kepada nakes selesai, akan ada pasokan vaksin moderna tambahan yang akan diperuntukan untuk masyarakat untuk penyuntikan dosis pertama dan kedua.sehingga tidak hanya vaksin sinovac saja yang ada di Berau, tetapi akan diberikan juga vaksin astrazeneca dan moderna.

“Iya untuk moderna ini pertama kalinya di Berau,” singkat Iswahyudi

Ia menambahkan, kriteria Nakes yang dapat menerima vaksin booster adalah mereka yang telah menerima vaksin dosis kedua minimal pada tiga bulan sebelumnya, serta melengkapi syarat administratif dan telah tercatat di Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

BACA JUGA :  Dampak PPKM Level 4, Pengusaha Hotel dan Restoran Harus Putar Otak

“Selebihnya tidak ada persyaratan lain,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *