Connect with us

Nasional

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Dalam SKD CPNS TA 2021

Published

on

Instagram.com/bkngoidofficial
Instagram.com/bkngoidofficial

MEDIAONLINE.ID, JAKARTA – Hasil sanggah Seleksi Administrasi dan Perubahan Status Kelulusan Seleksi Administrasi CPNS TA 2021 dari beberapa instansi telah diumumkan, yang berarti jadwal Seleksi Kompetensi Dasar akan segera dilaksanakan, bagaimana persiapan kalian untuk menghadapinya? Mari disimak apa saja yang perlu diperhatikan dalam melewati SKD CPNS TA 2021 berikut ini;

Test Wawasan Kebangsaan

Seleksi Kompetensi Dasar dibagi menjadi tiga bagian test, yang pertama adalah Test Wawasan Kebangsaan alias TWK yang bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan dasar peserta mengenal kepribadian negaranya yaitu Indonesia, dalam test ini ada beberapa tema soal seperti filosofi Pancasila mengenai arti butir- butir Pancasila, lambang negara, ideologi, Undang-Undang Dasar, seputaran sejarah bangsa serta beberapa isu terkini mengenai ekonomi, politik dan budaya. Setiap test memiliki passing grade (ambang batas) atau nilai minimum yang harus perserta raih, dilansir dalam Instagram @bkngoidofficial yaitu sebesar 65 poin, dengan menjawab benar mendapat 5 poin sedangkan salah 0 poin, TWK sendiri terdiri dari 30 butir soal.

Test Intelejensi Umum

Dalam TIU terdiri dari 35 butir soal menurut Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 1023 tahun 2021, setiap formasi memiliki nilai ambang batas yang berbeda antara lain formasi umum sebesar 80 poin, khusus disabilitas 60 poin, khusus cumlaude 85 poin, khusus diaspora 85 poin, khusus putra putri Papua Barat 60 poin, umum dokter 80 poin, umum ABK, rescuer dan pengamat gunung api 70 poin. Jika menjawab benar mendapat poin 5 sedangkan salah bernilai 0, Maka satu soal sangat mempengaruhi nilai para peserta. Soal pada TIU berisikan soal psikotest pada umumnya antara lain soal matematika seperti deret angka, aritmatika, pola suatu gambar, soal penalaran dalam sebuah paragraf dan pernyataan yang tepat atau kurang tepat. Soal tersebut bisa kalian banyak temui pada browser internet, konten youtube,  buku psikotest, aplikasi di Appstore ataupun grup telegram.

BACA JUGA :  Alat GeNose Sementara Tidak Digunakan

Test Karakteristik Kepribadian

Test ini merupakan hal yang sangat penting dan banyak yang justru menyepelekan test ini, padahal  memiliki nilai passing grade paling tinggi yaitu sebesar 166 poin berbeda dengan tahun 2019 lalu hanya sebesar 144 poin. Hal ini menunjukan bahwa karakteristik yang baik dan sesuailah yang menjadi konsentrasi bagi pemerintah untuk dapat memilih talenta terbaik dalam CPNS TA 2021. Test karakteristik merupakan test psikologi yang tidak memiliki jawaban benar atau salah karena hal itu merupakan cerminan yang dalam diri seseorang, berusahalah jujur dan menjadi diri sendiri dalam mengerjakan test. Setiap jawaban memiliki poin yaitu 1 – 5, jika yang paling sesuai dengan karakteristik maka bernilai 5, dan paling tidak sesuai bernilai 1 dengan jumlah 45 butir soal.

Waktu pelakasanaan SKD adalah 100 menit untuk formasi umum dan 130 menit  untuk formasi disabilitas netra dengan jumlah 110 butir soal. Maka perlu atur strategi berapa jumlah minimal soal yang wajib peserta jawab secara benar untuk melewati passing grade karena jika salah satu dari ketiga ada yang dibawah passing grade walaupun secara jumlah total memilki jumlah tertinggi maka dinyatakan tidak lulus ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan sebaliknya jika secara jumlah seluruh test tidak terlalu tinggi namun ketiganya melewati ambang batas masih memungkinkan untuk melaju ketahap berikutnya. Lulus passing grade bukanlah syarat tunggal, ada batasan kuota yaitu hanya tiga kali jumlah formasi peserta yang dapat lanjut ketahap selanjutnya, contohnya formasi yang dibutuhkan hanya dua orang saja, maka dua dikali tiga orang yaitu hanya enam orang dengan nilai tertinggi yang berhak lulus dari Seleksi Kompetensi Dasar, maka raihlah nilai terbaik karena passing grade tidaklah cukup.

BACA JUGA :  BPBD Akan Verifikasi Penerima Bantuan Covid-19 Asal Perusahaan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *