Connect with us

Bisnis & Ekonomi

Wisata Biduk-biduk Mulai Dikunjungi

Published

on

Labuan Cermin
Labuan Cermin

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Surat edaran mengenai Penerapan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat telah berakhir sejak 16 Agustus 2021 lalu, hal tersebut dituturkan Camat Biduk-biduk, Abdul Malik saat dikonfirmasi awak media ini. Sabtu, (21/8/2021).

Diterangkannya berakhirnya surat edaran tanpa dibarengi dengan surat edaran lanjutan mengenai status PPKM Kabupaten Berau membuatnya bimbang untuk menetapkan dibukanya objek wisata yang ada di Kecamatan Biduk-biduk.

“Namun sejauh ini karena surat edaran tersebut sudah berakhir, makanya kami tidak bisa juga melarang warga untuk berkunjung ke objek wisata yang ada,” ungkapnya.

Menurutnya pemerintah daerah saat status PPKM darurat sudah berakhir, sebaiknya diberi ini dengan surat edaran sehingga dapat menjadi acuan bersama untuk diterapkan khusus dibidang wisata.

“Karena sejak tanggal 17, sudah ada memang tempat wisata yang dibuka,” ujarnya.

Sementara itu hingga saat ini di kecamatan Biduk-biduk walaupun objek wisata seperti Labuan Cermin, Lamin Guntur, Pulau Kaniungan, dan lain-lain sudah mulai terbuka, namun berdasarkan pemantauan nya belum ada pengunjung yang signifikan.

“Kalau kami pantau rata-rata masih pengunjung lokal yang ada di sekitaran biduk-biduk dan Kecamatan sekitar, kalau pengunjung luar seperti daerah Tanjung Redeb dan Kabupaten lain itu belum ada,” jelasnya.

“Karena memang sepertinya rata-rata masyarakat belum mengetahui terkait status dibuka atau ditutup nya tempat wisata,” sambungnya.

Turut dijelaskannya bagi pengunjung wisata baik lokal maupun luar, pihaknya hanya mengacu pada protokol kesehatan yang ada.

“Kami belum ada peraturan khusus seperti kewajiban menggunakan Swab Antigen atau PCR, maupun kartu Vaksin, karena memang belum ada edaran yang mengatur hal tersebut,” paparnya.

Dirinya berharap agar dapat mengeluarkan edaran lanjutan mengenai status PPKM Kabupaten Berau, khusus di bidang pariwisata, sehingga dapat menjadi acuan bersama. (*AAK)

BACA JUGA :  Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Bidang Pariwisata