Connect with us

Lifestyle

5 Tips Menjaga Marmut Kamu Selalu Sehat

Published

on

Pexels.com/pixabay
Pexels.com/pixabay

MEDIAONLINE.ID,Guinea Pig atau biasa dikenal Tikus Belanda, Hewan menggemaskan satu ini dikutip wikipedia merupakan spesies hewan pengerat yang masuk ke dalam famili Caviidae dan genus Cavia. Tikus belanda tidak berasal dari Belanda, tetapi berasal dari wilayah Andes. Hewan ini banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Imigran Andes di New York menjual tikus belanda untuk dagingnya. Cavy lovers merupakan panggilan bagi para penggemar marmut, di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis marmut salah satunya marmut jenis lokal dengan bulu yang cenderung pendek dan tebal dengan badan yang berisi, atau marmut long hair memiliki bulu lebih halus serta panjang, jika kalian tertarik memelihara mari simak beberapa tips berikut ini ;

Menjaga Kebersihan Kandang

Kerbersihan kandang merupakan faktor utama menjaga kesehatan marmut, kandang yang jarang dibersihkan bisa menjadikan banyak sumber bakteri dan penyakit. Marmut cukup rutin untuk mengeluarkan fases dan air seni sehingga kadang dapat lebih cepat kotor dan mengeluarkan bau yang kurang enak, jadi jangan malas ya untuk membersihkan kandangnya. Bersihkan juga tempat air minum dan tempat makan setiap kali mengisi ulang.

Memberikan Konsumsi Sayuran Yang Tepat

Marmut merupakan hewan herbivora cuma tidak semua sayuran bisa dikonsumsi, salah satunya yang berasal dari kubis sepeti kol dan sawi karena membuat perut kembung, kemudian umbi-umbian seperti kentang karena dapat mengganggu sistem pencernaannya. Makanan yang baik bagi guinea pig antara lain wortel, timun, tomat, bayam, selada, untuk sayuran yang memiliki biji kering dan keras wajib untuk kerok terlebih dahulu untuk mengdindari agar tidak tersendak seperti paprika, labu atau pepaya. Jangan memberikan air keran untuk minumannya, gunakanlah air galon atau air yang telah dimasak.

BACA JUGA :  Ladies, Ini Persiapan Buat Kamu Sebelum Mantap Menikah

Jenis Rumput Yang Sesuai

Rumput Hay atau biasa disebut rumput kering merupakan salah satu makanan yang penting bagi marmut karena berfungsi mengasah gigi mereka, jika tidak diberikan maka beresiko marmut memakan bulu sesamanya. Jenis rumput hay juga berbeda, timoty hay lebih baik diberikan untuk marmut yang jantan dan betina yang sedang tidak mengandung sedangkan yang alfafa untuk marmut sedang mengandung karena memiliki nutrisi yang lebih tinggi.

Jadwal Memandikan

Marmut disarankan untuk tidak terlalu sering dimandikan, cukup tiga atau empat bulan sekali dimandikan hal ini untuk menjaga kesehatan marmut. Memandikan marmut lebih baik menggunakan air hangat untuk menjaganya tetap tenang, hindari terkena mata, hidung, mulut dan bagian muka jangan sampai terkena air secara langsung, dapat menggunakan shampoo khusus binatang ataupun shampoo yang mengandung anti dandruff setelah itu keringkan menggunakan hair dryer untuk menjaga keindahan bulunya serta marmut tidak kedinginan. Jangan lupa untuk memotong kuku jika sudah terlihat Panjang.

Selalu Tersedia Makanan

Marmut merupakan hewan yang cepat lapar, maka harus tersedia makanan 24 jam dalam kandang, selain sayuran dan rumput hay, maka kamu perlu sediakan dispenser makanan untuk pelet sebagai pengganti sayuran dan rumput hay jika telah habis. Serta jangan lupa untuk mengajaknya bermain keluar kandang seminggu sekali.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *