Connect with us

Politik & Hukum

300 Warga Binaan Rutan Tanjung Redeb Terima Vaksin Tahap Pertama

Published

on

pemberian vaksin kepada warga binaan Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb
pemberian vaksin kepada warga binaan Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Salah satu agenda Kunjungan Kerja Waka Polda Kaltim, Brigjen Pol Hariyanto ke Kabupaten Berau yakni meninjau langsung pemberian vaksin kepada 300 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanjung Redeb pada Kamis (26/8/2021).

Ia menuturkan, pelaksanaan vaksinasi ini merupakan kerjasama antara Polres Berau dan Rutan Kelas II B, Tanjung Redeb. Dengan tujuan, tercapainya herd immunity para warga binaan yang saat ini sedang menjalani masa tahanan.

“Saya berada di Rutan Kelas II B, Tanjung Redeb, untuk menyaksikan secara langsung kegiatan vaksinasi kepada para warga binaan,” jelasnya.

Perwira bintang satu di pundak ini menjelaskan, ada 300 dosis yang diberikan, berasal dari Polres dan kerjasama dengan Dinkes Berau. Untuk jenis vaksin yang diberikan yakni Astra Zenecca, dan untuk tahap kedua sendiri, direncanakan akan dilakukan dalam waktu 3 bulan mendatang.

“Nanti kalau ada lagi vaksin yang datang, untuk Polres, akan diajukan lagi,” katanya.

Diketahui, jumlah warga binaan di Rutan Kelas II B, Tanjung Redeb, mencapai 702 warga binaan. Dengan jumlah vaksinasi yang terbatas, Hariyanto mengatakan, akan dilakukan secara bertahap. Agar seluruh warga binaan dan petugas Rutan, bisa divaksin menyeluruh.

“Karena di Rutan, terdapat 700 lebih penghuni. Masih kurang 400 lebih. Karena selain penghuni rutan, pegawai dan keluarganya juga akan divaksin,” ucapnya.

Dengan adanya vaksinasi ini, Hariyanto mengatakan, agar muncul kelompok yang bisa membentuk herd immunity. Jadi ke depannya, tidak ada yang terpapar Covid-19 lagi. “Itu harapan kita, bisa memutus mata rantai penularan Covid-19,” jelasnya.

Disinggung mengenai pelayanan hingga standar operasional prosedur (SOP) di Rutan tersebut, Hariyanto mengatakan, untuk pelayanannya sendiri, hingga pembinaan, sudah sesuai dengan SOP yang berlaku. Ia menjelaskan, hal ini berdasarkan, selama ia menjabat, belum pernah mendengar adanya kesalahan prosedur yang ia dapatkan.

BACA JUGA :  439 Napi Terima Remisi Jelang Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2021

“Selama ini saya tidak pernah dengan, ada pembinaan yang negatif. Tugas pokoknya sudah dilaksanakan dengan baik,” bebernya

Sementara, Kepala Rutan Kelas II B, Tanjung Redeb, Puang Dirham menuturkan, saat ini warga binaan dan petugas yang divaksin mencapai 310 orang. Dengan begitu, presentase vaksinasi di Rutan baru mencapai 30 persen, dan masih minus 70 persen. Atau setara dengan 402 warga binaan yang belum mendapatkan vaksinasi.

“Dengan kekurangan yang ada, kita akan dapat bantuan dari TNI Polri, dan juga Dinkes Berau. Saat ini vaksinasi yang didapat ini, dari Polres Berau,” jelas Puang.

Ia melanjutkan, pemberian vaksinasi ini dilakukan secara gratis. Dan para warga binaan menyambut dengan antusias, namun, pihak Rutan harus memeriksa kesehatan para warga binaan, untuk bisa divaksinasi. Selain itu, dari sekian banyak warga binaan, dilakukan seleksi untuk menerima vaksin tersebut.

“Prinsipnya, diberikan kepada sukarelawan. Siapa yang bersedia, dan antusiasnya cukup tinggi. Kita pilah, semuanya mau. Tapi kan dicek kesehatannya dahulu,” sambungnya.

Puang Dirham mengatakan, dengan adanya vaksinasi ia yakin, negara hadir dan memperhatikan kondisi kesehatan para warga binaan. Ini juga merupakan salah satu langkah, untuk pemenuhan hak kepada warga binaan. Karena mereka juga warga negera Indonesia. Kalau di luar sana dapat vaksin, maka warga binaan juga akan dapat vaksinasi.

“Untuk presentasi warga binaan yang sudah divaksin baru 30 persen. Total tahap satu, baru hanya 310 orang saja yang divaksin, yakni 10 orang sinovac dan 300 lainnya, astra zenecca,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *