Connect with us

Daerah

PPKM Level 3 di Berau, Belum Ada PTM yang Terlaksana

Published

on

PPKM Level 3 di Berau, Belum Ada PTM yang Terlaksana
Bupati Berau, Sri Juniarsih saat ditemui awak media

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Salah satu kebijakan yang dilonggarkan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 adalah penyelenggarann Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kendati demikian PTM belum juga dilaksanakan secara menyeluruh di Kabupaten Berau.

Dikatakan Bupati Berau, Sri Juniarsih, untuk pelaksanaan teknis PTM saat ini masih menunggu instruksi, atau edaran dari pemerintah pusat yang ditembuskan ke daerah.
“Kami masih menunggu instruksi dulu ya. Yang jelas, akan mengikuti arahan dari pemerintah pusat,” tuturnya kepada Koran Kaltim.

Menurutnya, meskipun Berau kini telah menerapkan PPKM level 3, bukan berarti penularan Covid-19 di Bumi Batiwakkal selesai. Sekalipun nantinya, PTM kembali dilaksanakan, namun pihak sekolah atau satuan pendidikan di setiap wilayah harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, kesiapan sekolah dalam menjamin kesehatan setiap siswa atau murid di sekolah juga harus maksimal. Jangan sampai, ada sekolah yang mengabaikan prokes, sehingga membahayakan kesehatan anak didiknya.

“Karena di level 3 ini kita belum bebas. Saat ini upaya Pemkab Berau terus menekan laju penularan Covid- 19. Sehingga, kegiatan PTM dapat berlangsung lancar dan nyaman,” tuturnya.

Kemudian, dalam melaksanakan PTM, tentu harus dilakukan secara matang. Terkait hal itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, khususnya dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Berau, serta Satgas Covid-19 Berau.

“Yang harus dipahami, kami tidak bisa membuat keputusan sendiri. Perlu ada koordinasi dengan instansi teknis, terkait pelaksanaannya. Jangan sampai, terjadi hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Ia mengaku, secara pribadi dirinya sangat menginginkan PTM dapat segera dilaksanakan. Namun, dikarenakan belum dasar acuan yang diturunkan untuk daerah, khususnya Kabupaten Berau, membuat PTM belum bisa dilaksanakan di Berau, secara menyeluruh.

BACA JUGA :  TPA Harus Direlokasi Karena Berdekatan Dengan Lokasi Rumah Sakit Tipe B

“Saya sebenarnya ingin PTM itu dilakukan. Kita tunggu saja edarannya turun ke daerah. Jika memang itu sudah jadi keputusan, tetap akan dilaksanakan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Iswahyudi menjelaskan, saat ini pihaknya bersama dengan Dinas Pendidikan Berau, sedang melakukan pendataan untuk persiapan vaksinasi pelajar, guna mendukung kegiatan PTM.

“Masih pendataan dan menunggu jatah vaksinasi, kalau untuk guru sudah 80 persen dari sasaran,” singkat Iswahyudi.