Connect with us

Lifestyle

Ladies, Ini Persiapan Buat Kamu Sebelum Mantap Menikah

Published

on

Pexels.com/jinwedding

MEDIAONLINE.ID, Pernikahan merupakan momen terpenting dalam hidup banyak sekali yang perlu dipersiapkan untuk menjalaninnya, bukan sekedar pesta yang mewah terlebih penting adalah kesiapan diri dalam menjalani rumah tangga. Bicara pernikahan yang terlintas adalah sebuah kebahagiaan akan tetapi kehidupan setelah menikah tidaklah mudah, bukan hanya pria yang perlu bersiap bertanggung jawab sebagai kepala keluarga tapi juga wanita sebagai pendamping, lantas apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk ladies simak beberapa hal berikut ini :

Kesiapan Mental

Menikah tidaklah 100% mengandalkan cinta yang kalian berdua bangun, tapi kematangan pola pikir kamu untuk menerima segala sesuatu yang mungkin sesuai atau tidak sesuai dengan ekspektasi. Sikap toleransi dan kesabaran terus dilatih dalam masa awal pernikahan untuk jauh lebih mengenal pasanganmu, sikap egoismu harus kamu redam untuk menjaga perasaan satu sama lain serta kebijaksanaanmu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada untuk segera diatasi dan diusahakan untuk tidak melibatkan orang lain atau bahkan orang tua demi menjaga privasi dalam keluarga kecilmu.

Kesiapan Finansial

Kesiapan finansial bukan hanya tanggungjawab pria semata, kamu sebagai wanita juga harus paham bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik, karena dalam kehidupan rumah tangga akan ada banyak sekali kebutuhan yang wajib terpenuhi. Kamu harus mampu membedakan mana yang prioritas dan bukan sehingga segala sesuatunya bisa tercukupi, kemampuan mengatur duit sangat bermanfaat untuk kehidupan jangka panjang seperti memiliki tabungan darurat, tabungan pendidikan anak atau bahkan tabungan pensiun. Memiliki penghasilan sendiri entah sebagai wanita karir atau entrepreneur juga sangat baik untuk kamu lebih leluasa untuk mengaturnya, misalnya untuk diberikan kepada pihak keluargamu sendiri atau untuk kebutuhan pribadi mu.

BACA JUGA :  Joy Of Missing Out (JOMO) – Seni Menikmati Diri Menjauh Dari Sosial Media

Kesiapan Menjaga Komitmen

Pacaran dan pernikahan merupakan dua hal yang berbeda, jika dalam pacaran saja ada suatu ikatan dan komitmen kesetiaan yang harus ditaati secara tidak tertulis, apalagi sebuah pernikahan yang telah tercatat dalam negara dan terikat dalam sebuah janji kepada Tuhan. Dalam pernikahan bukan waktunya lagi kamu untuk bermain dalam sebuah hubungan, kamu sudah harus memiliki batasan untuk semua lawan jenis sebagai tanda sebuah komitmen. Kamu harus menjadi pakaian untuk pasanganmu dan begitu juga sebaliknya.

Kesiapan Adaptasi Keluarga Baru

Dulu memang cuma ada mama, papa, kakak dan adik, tapi setelah kamu menikah akan memiliki orang tua dan keluarga baru dari pihak suamimu karena pernikahan bukan hanya menyatukan kalian tetapi juga keluarga. Kamu harus mulai beradaptasi dengan keluarga baru, tidak bisa berperilaku seenaknya dan harus anggap mereka seperti keluargamu sendiri, kamu juga perlu menghargai kebudayaan atau kebiasaan dari keluarga suamimu, untuk menciptakan suatu keharmonisan.