Connect with us

Hiburan

Mengenal Lebih Jauh Tentang FOMO (Fear Of Missing Out) Kecemasan Dalam Bersosial Media

Published

on

Canva.com/Nurichfanioktoria

Sosial media sudah menjadi teman dalam kehidupan, mungkin saja tidak satupun hari dilewatkan untuk tidak mengaksesnya mulai instagram, twitter, facebook dan lain sebagainya sekedar mencari informasi, melihat berbagai aktivitas kerabat ataupun berbagi berbagai hal kegiatan keseharian yang kamu lakukan. Dari kecendrungan yang selalu mengandalkan sosial media FOMO itu timbul, Fear Of Missing Out (FOMO) merupakan rasa cemas pada diri seseorang akan ketertinggalan sesuatu yang sedang hype atau trend dalam sosial media, Sehingga dapat memiliki dampak negatif seperti menimbulkan stress bahkan depresi saat seseorang tersebut melewatkan sesuatu yang sebenarnya bukanlah hal yang terpenting dalam hidupnya.

Adapun ciri-ciri FOMO yang mungkin bisa kamu deteksi yaitu lebih nyaman beraktivitas dalam sosial media daripada interaksi secara langsung, sulit beralih dari gadget untuk selalu memantau berbagai sosial media, memiliki obsesi dengan kehidupan orang lain yang tampak seperti bahagia dan rela melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai untuk mengikuti trend.

Dilansir Halodokter.com dampak dari kecemasan dapat membuat produksi hormon-hormon penting tubuh seperti serotonin dan adrenalin terganggu. Susah tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, dan mood kacau bisa muncul ketika hormon dalam tubuh Anda tidak seimbang. Selain itu, saat Anda merasa cemas, tubuh cenderung akan menghasilkan rasa mual. Ini terjadi saat usus mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh Anda sedang terancam. Tak jarang, akhirnya tubuh akan bereaksi dengan memunculkan rasa mual.

Bagaimana Cara Mengatasi FOMO

  1. Kurangin interaksi dalam sosial media

Mungkin cukup sulit namun langkah ini sangat tepat, intensitas yang menurun secara tidak langsung memberikan ketenangan tersendiri buat kamu sehingga bisa mengurangi stres karena terus membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Selain itu kamu juga harus yakin jika ketinggalan trend hidup kamu akan tetap baik-baik saja.

BACA JUGA :  Masker Alami Putih Telur Buat Komedo Kamu Minggat!

2. Alihkan Fokus

Fokuslah kepada kebahagian nyata yang ada dihadapanmu bukan yang berada disosial media, kamu harus berpikir jika yang tampak dilayar kaca tidaklah semua sesuai dengan keadaan aslinya. Jangan sampai kamu melewatkan banyak kebahagian yang ada disekelilingmu.

3. Bersyukur

Setiap hal yang kamu miliki saat ini patutlah kamu syukuri, jika terus membandingkan dengan orang lain, maka kamu tidak akan menemukan rasa cukup. Dengan bersyukur dapat meningkatkan self-esteem kamu untuk dapat menerima berbagai hal yang hadir dalam hidupmu serta memberikan apreasiasi terhadap dirimu sendiri atas apa yang telah dicapai.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *