Connect with us

Daerah

Pemda Minta Perketat Prokes Pilkakam Serentak November Mendatang

Published

on

Sosialisasi Pemilihan Kepala Kampung
Sosialisasi Pemilihan Kepala Kampung

MEDIAONLINE.ID, TANJUNG REDEB – Jelang pemilihan kepala kampung secara serentak di 28 kampung yang terdiri dari 19 kecamatan di Kabupaten Berau Pada November mendatang, Pemerintah Kabupaten Berau demi memperlancar kegiatan tersebut pada Selasa (21/9/2021) melalui Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) gelar pelatihan bimbingan teknis, yang digelar di kantor Bappelitbang Tanjung Redep.

Asisten 1 Pemkab Berau, Hendratno, pada awak media ini menyebut bimbingan tersebut diberikan kepada seluruh panitia penyelenggara Pilkakam demi meningkatkan kemampuan panitia dalam proses penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2021.

“Selain itu ini juga merupakan amanat dari peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

“Kegiatan ini juga kami harapkan agar dapat mengevaluasi persiapan panitia jelang Pilkada yang tinggal menghitung beberapa hari lagi,” sambungnya

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh panitia pemilihan kepala kampung untuk memperhatikan protokol kesehatan pada saat kegiatan berlangsung. Hal ini dikarenakan kondisi pandemi di Kabupaten Berau yang belum mereda.

“Apalagi pada saat pelaksanaan pemilihan, Hendratno menjelaskan bahwa total ada 500 TPS di setiap kecamatan, sehingga konsentrasi masyarakat sangatlah besar dan memicu penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga turut mengimbau agar Panitia dapat menyusun prosedur pelaksanaan pemilihan yang efektif untuk mengantisipasi potensi berkumpulnya masyarakat. Mulai dari penertiban memakai masker, jaga jarak, maupun mencuci tangan saat memasuki TPS.

“Kami juga selalu menghimbau kepada seluruh panitia penyelenggara agar secara rutin melakukan koordinasi dengan tim Satgas ada di kampung masing-masing, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak tidak menimbulkan cluster baru penyebaran covid-19.

Pihaknya juga turut berharap agar pelaksanaan Pilkakam yang rencananya digelar pada 2/11/2021 mendatang, agar terlaksana secara aman, jujur, secara agama serta menghindari praktek kecurangan seperti politik uang maupun black campaign. (*AAK)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *