Sekda Garut Hadiri Deklarasi dan Peningkatan Kapasitas KENCANA Kecamatan Tarogong Kidul

Berita Utama43 Dilihat
banner 468x60

Rabu, 29 November 2023. Berlokasi diaula kantor Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Sekda Garut hadiri deklarasi dan peningkatan kapasitas satgas Kecamatan Tangguh Bencana ( KENCANA ) Kecamatan Tarogong Kidul.

Sekda Garut, Nurdin Yana menyambut baik deklarasi ini, dan diKabupaten Garut baru Kecamatan Tarogong Kidul yang melaksanakan deklarasi KENCANA ini, untuk Desa dan kelurahan memang sudah ada yang melaksanakan Deklarasi desa/kel tangguh bencana, tetapi untuk tingkat Kecamatannya baru keaatan Tarogong Kidul.

banner 336x280

Selain itu Nurdin Yana pun berharap kegiatan deklarasi ini bisa diikuti oleh Kecamatan lainnya di Kabupaten Garut, karena menurut Nurdin Yana dengan adanya deklarasi KENCANA Kecamatan ini nantinya akan memfasilitasi dan mmbina desa dan kelurahan dalam pembentukan destana yang penting menurut Nurdin Yana, masyarakat bisa faham tentang kebencanaan dan menjadi masyrakat tarogong kidul yang tangguh bencana.

Tujuan gerakan kencana adalah untuk meningkatkan peran Kecamatan dalam pengelolaan kebencanaan dengan manfaat :

1. Percepatan pencapaian SPM sub urusan kebencanaab daerah.

2. Mempercepat proses pelayanan kepada korban bencana alam.

3. Meningkatkan kerjasama berbagai pihak (kolaborasi penta helix) dalam pengelolaan kebencanaan.

Acara deklarasi dan peningkatan kapasitas KENCANA Kecamatan Tarogong Kidul ditandai dengan penandatangan para anggota satgas kecanatan tangguh bencana Kecamatan Tarogong Kidul. ( Abo )

banner 336x280